Translate This Blog - 翻译此博客

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Masjid Besar Datong





Di bagian barat daya Datong, kota lama di Provinsi Shanxi China, ada sebuah masjid yang bersejarah dan sangat terkenal. Masjid itu merupakan satu-satunya masjid yang tercatat dalam buku 24 Sejarah, yaitu catatan sejarah yang resmi di China.

Di dalam masjid itu, ada sebuah tugu yang diukir pada tahun 1546. Tugu itu juga merupakan satu-satunya monumen batu meteorit yang tertulis dalam bahasa Mandarin dan bahasa Arab di China.

Masjid Besar Datong dibangun pada sekitar tahun 1403 sampai 1424  Pintu masuk yang megah saat ini telah dibangun pada tahun 1936.

Ruang sembahyang luasnya sekitar 700 meter persegi. Ada sebatang pohon Sophora dan sebatang pohon alpukat yang masing-masing berusia ratusan tahun di sebelah kiri dan kanan ruang sembahyang.

Di belakang area Masjid Besar Datong, ada ruang sembahyang untuk muslimah yang luasnya 694 meter persegi.

Pada awalnya, kawasan Masjid Besar Datong lebih luas lagi. Tapi kemudian, sebagian tempatnya telah digunakan untuk membuka sekolah Islam dan toko Islam serta kediaman umat Islam setempat. Pada tahun 2009, pemerintah telah memperbaiki dan memperluas masjid itu. Saat ini, area masjid itu luasnya melebihi 10 ribu meter persegi.

Masih banyak peninggalan sejarah dan pusaka yang tersimpan di Masjid Besar Datong termasuk tugu peringatan, monumen kerajaan, barang tembikar yang berharga, Al-Quran tulisan tangan pada berbagai zaman serta kitab suci yang lain.

0 Comments:

Post a Comment



Others Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...