Wednesday, June 24, 2015

Bei Gong She Ying

Le Guang adalah ketua Kabupaten Henan pada zaman Dinasti Jin. Dia memiliki seorang teman yang sangat dekat dengannya. Ketika temannya itu sudah terlalu lama tidak datang membesuknya, dia merasa sangat heran, lalu dia pergi menyapa temannya itu. Temannya itu menjawab:

"Ketika saya diundang ke rumah anda beberapa hari yang lalu, saya telah dijamu dengan makanan dan minuman yang sedap-sedap. Namun, setelah saya hendak minum, saya melihat seekor ular di dalam cangkir saya. Hal ini membuat saya tidak enak, sehingga saya jatuh sakit setibanya di rumah. "

Mendengar penjelasan temannya itu, Le Guang semakin heran. Tiba-tiba, dia teringat akan sebuah busur bercat yang tergantung pada dinding ruang di rumahnya. Bentuknya mirip seekor ular. "Ular" yang disebut oleh temannya itu pastilah bayang-bayang busur itu.

Pada keesokan harinya, Le Guang mengundang lagi temannya itu ke rumahnya untuk makan malam, dan memintanya duduk di tempat duduk yang sama. Melihat temannya itu tampaknya sangat khawatir sehingga tangannya gemetar dan keringat mengalir dari dahinya, Le Guang menudingkan jarinya ke arah busur yang tergantung pada dinding dewan itu, sambil berkata, "cobalah kau lihat, mana ada ular di dalam cangkir arak ini. Ini adalah bayangan busur pada dinding itu saja. "

Setelah habis bicara, Le Guang pun menurunkan busur itu dari dinding dewan tersebut, dan "ular" dalam cangkir arak itu dilihat oleh temannya benar-benar telah hilang.

Setelah diketahui fakta ini, teman Le Guang menjadi lega, dan "penyakitnya yang parah" itu terus sembuh dengan cepat.

Catatan Keterangan

Peribahasa Bei Gong She Ying ini mempersendakan seseorang yang bergulat dengan kekhawatiran atau ketakutan yang dibayang-bayangkannya sehingga kesehatan mentalnya terganggu. Berdasarkan pengalaman teman Le Guang itu, jelas bahwa investigasi dan penyelidikan itulah saja satu-satunya pendekatan untuk menyelesaikan segala masalah.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda.
Thanks for your Comments.