Friday, August 28, 2015

Bekas Tentara dai Nippon yang menjadi pahlawan di China

Hirosumi Kobayashi sangat senang mendapat undangan untuk upacara untuk menandai ulang tahun ke-70 Perang Perlawanan rakyat China terhadap Agresi Jepang (1937-1945), yang akan diadakan di Beijing pada 3 September 2015.

Veteran berusia 96 tahun, yang tiba di China sebagai seorang tentara musuh lebih dari 70 tahun yang lalu, .

Lahir pada tahun 1919, Kobayashi adalah anak kepala biara Buddha di prefektur Gunma, Jepang. Bhiksu di Jepang diperbolehkan untuk menikah dan memiliki anak, dan anak-anak sering mengikuti jejak ayah mereka, sehingga setelah lulus dari sekolah tinggi pada tahun 1939, Kobayashi direncanakan untuk menjadi seorang biarawan dan mengambil alih posisi ayahnya, dan juga untuk melatih sebagai pengacara.

Namun, ia harus mengikuti wajib militer pada tahun 1940 dan diberikan pelatihan intensif sebelum dikirim ke provinsi Shandong China Timur.

"Aku adalah penembak senjata mesin di unit 10 yang berbasis di daerah dekat Qingdao," katanya, berbicara dalam bahasa China dengan aksen Shandong.

Selama operasi dan bertugas di pegunungan pada tahun 1941, Unit Kobayashi disergap oleh tentara dari Angkatan Darat Kedelapan China.

"Saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa saya harus mengambil hidup saya sendiri daripada ditangkap," kenangnya di rumahnya di pinggiran Tokyo.

Seorang tentara yang disebut Toshikazu Shirato meminta Kobayashi untuk menembaknya. Kobayashi setuju, tapi hanya menembak perut pemuda itu, daripada kepalanya, dengan harapan bahwa ia akan bertahan hidup. Kemudian ia menempatkan senapannya di tepi sungai dengan laras mengarah ke atas, dan menarik pelatuk. Pistol kemudian meletus.

"Aku berbaring di tepi sungai untuk sementara waktu. Setelah sembuh sedikit, saya merasa luka dan beberapa darah di kepala saya. Saya kecewa saya masih hidup," katanya.

Dia mencoba untuk menenggelamkan dirinya di sungai tapi berhasil digagalkan oleh tentara China, yang menangkapnya bersama Shirato. "Dalam perjalanan ke sebuah desa mereka mengatakan kepada kami, 'Kami tidak membahayakan tawanan'. Aku tidak percaya mereka," kata Kobayashi.

Orang-orang itu ditandu ke kuil, dan menawarkan makan. Meskipun rasa lapar nya, Kobayashi menolak untuk makan makanan, meskipun tentara China terus meminta dia untuk makan. Ketika ia akhirnya setuju ia terkejut.

"Saya selalu berpikir bahwa makanan China termakan, tapi itu gigitan pertama berubah pikiran saya dan saya melahap banyak," kata veteran tua.

Selama waktunya di tahanan, Kobayashi diberi beberapa literatur dan membaca pamflet yang diberikan oleh Tentara China, dan ia menemukan dirinya setuju dengan isi literatur tersebut.

"Saya dibesarkan di sebuah negara kapitalis dan membenci komunisme pada saat itu. Tetapi semakin saya membaca, semakin saya percaya pada argumen yang mereka buat, dan saya mulai menyadari bahwa Jepang telah melakukan hal-hal buruk ke China."

Kobayashi memutuskan untuk membelot, dan, bersama dengan sejumlah kecil tentara Jepang, ia membantu untuk membentuk aliansi anti-Jepang di Shandong. Salah satu tugasnya adalah berteriak untuk tentara Jepang dan membujuk mereka untuk menghentikan pertempuran. Dia begitu dekat dengan mantan saudara-saudaranya dan ia merasa seolah-olah ia sedang bermain Russian roulette setiap hari.

Kobayashi bekerja dengan banyak detasemen di Shandong. Dia bergabung Tentara Pembebasan Rakyat pada tahun 1945 dan ia berjuang dalam perang sipil, tapi dipindahkan ke Lyuda (sekarang Dalian) di provinsi Liaoning karena wilayah militer Shandong ingin melindungi dia dari garis depan. Selama waktunya di sana, ia bertemu dengan seorang perawat Jepang, dan menikahinya pada tahun 1952. Dia pindah kembali ke Shandong pada tahun 1953 dan bekerja untuk pemerintah kota di Jinan, ibukota provinsi Shandong.

Ia kemudian dipindahkan ke Fengzhen di daerah otonom Mongolia, di mana ia bekerja sebagai wakil direktur sebuah rumah sakit.

Pada bulan Desember tahun 1955, Kobayashi dan keluarganya pindah kembali ke Jepang, didukung oleh sumbangan sebesar HK $ 100.000 dari pemerintah China.

Veteran akan kembali ke China pada awal September untuk menghadiri perayaan kemenangan sebagai tamu pemerintah.

"Saya sangat senang bahwa saya akan mengunjungi China lagi.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda.
Thanks for your Comments.