Tuesday, February 28, 2017

Kegiatan Tuqia sebelum merayakan hari Losar

Pembersihan paling penting bagi warga Tibet adalah "Tuqia" yang berlangsung di akhir Desember pada kalender Tibet sebelum Tahun Baru Tibet.

Tuqia, transliterasi Tibet juga diterjemahkan sebagai "Tuqi", secara khusus mengacu ke membersihkan rumah yang terjadi sebelum "Losar", transliterasi Tibet untuk Tahun Baru.

Saya ingat ketika saya masih muda, ayah saya akan mengangkat saya sehingga saya bisa melakukan "sapuan pertama" di salah satu sudut rumah setiap kali "Tuqia". Setelah langkah ini selesai, seluruh keluarga mulai membersihkan sesuai adat.

Menurut pembagian kerja, ayah saya sering bertanggung jawab untuk seluruh pembersihan, sementara ibu saya dan kami bersaudara melakukan cuci dan saudara-saudara saya menyapu lantai dan membersihkan sampah.

Bentuk "pekerjaan rumah tangga" selalu mengisi satu sama lain dengan sukacita karena penuh dengan simbolisme dan keinginan untuk keberuntungan dan kebahagiaan keluarga.

Selama bekerja, aspek menarik dari kehidupan menjadi topik pembicaraan. Satu saat kejadian lucu dapat menyebabkan ayah untuk menggosok jelaga di seluruh wajahnya dan ibu membungkuk sambil tertawa. Kami saudara-saudara biasanya melakukan  "Tuqia" penuh kehangatan dan kasih sayang.

Yang paling melelahkan dari "Tuqia" berlangsung di keluarga pedesaan. Prioritas pertama untuk setiap rumah tangga adalah untuk benar-benar membersihkan rumah dan halaman, membuka tanah baru dan memercikkan air.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda.
Thanks for your Comments.