Tuesday, September 17, 2013

Pelaut Etnis Uygurs di Kapal rumah sakit Peace Ark

Etnis Uygurs yang bertugas di kapal rumah sakit Peace Ark

Suriya Matimin, 21, sedang menari bersama dengan seorang pria lokal selama kunjungan kapal rumah sakit di  Maladewa.
Pada tanggal 10 Juni 2013 lalu, Kapal rumah sakit angkatan laut China "Peace Ark" memulai perjalanan selama 118 hari untuk memberikan bantuan medis di sejumlah negara dan mengambil bagian dalam operasi bersama dan latihan dengan sesama anggota ASEAN di Brunei.

Terdapat 20 pelaut yang berasal dari etnis Uygurs yang ikut berlayar, salah satunya yang bernama Nurpaxa
berikut kisah perjalanan  Nurpaxa dari etnis minoritas Uygurs.

"Lumba-lumba!" seru Nurpaxa Abduwayit saat dia berdiri di pilothouse dan menunjuk kanan, di mana ikan lumba-lumba sedang bermain dan melompat keluar dari air,  lengkung anggun dan menarik.

Nurpaxa adalah seorang gadis berusia 19-tahun  pelaut perempuan berlari ke dek untuk bergabung dengan awak kapal lainnya untuk menonton lumba-lumba. Lumba-lumba muncul ke permukaan untuk mengejar buruan mereka, ini pelayaran pertama Nurpaxa dan penampakan pertama dari lumba-lumba. Dia mengatakan melihat mereka itu seperti berada di karnaval.

Karena dia lahir dan dibesarkan di Kashgar, sebuah kota di wilayah otonomi Xinjiang Uygur di barat laut daratan China, pengetahuan Nurpaxa tentang laut berasal dari televisi sampai ia bergabung dengan Tentara Pembebasan Rakyat Angkatan Laut dua tahun lalu.

Air adalah biru tua, begitu gelap itu hampir hitam. Nurpaxa menyaksikan lumba-lumba sampai mereka akhirnya menghilang keluar dari pandangan. Sebuah angin malam membawa hawa bersih laut dan mengacak-acak rambut keriting pendek Nurpaxa. Mata cokelatnya berkilauan di senja.
Lain Nurpaxa yang berasal dari kota Kasghar lain pula cerita dari  Suriya Matimin yang juga seorang gadis Uygurs , berusia  21 tahun, salah satu dari tiga perempuan Uygur yang berasal dari kota Urumqi , ibukota Xinjiang . Dia mengatakan semua orang di kota kelahirannya bangga padanya .

" Ketika saya berjalan menyusuri jalan-jalan kampung halaman saya mengenakan seragam saya , orang asing menghentikan saya untuk bertanya apakah mereka bisa memiliki foto yang diambil dengan saya , " katanya . " Orang-orang dari lingkungan saya menelepon ibu saya ' navy mama ' dan saudara saya 4 tahun selalu menyebut saya sebagai ' navy kakak' ketika ia berbicara dengan teman-temannya di TK . Setiap kali ia melihat berita di TV tentang angkatan laut , dia berteriak , ' adik saya ada di sana! Adikku ada di angkatan laut ! ' "

Untuk menghormati tradisi kelompok etnis Uygur yang beragama Islam, maka di kapal menyediakan makanan halal serta ruang shalat, yang disiapkan oleh koki yang terpisah yang hanya menggunakan peralatan dan peralatan masak disediakan untuk  memasak secara halal.

Jika mereka ingin memasak sendiri, para wanita juga dapat menuju ke dapur dan memasak sendiri , menyimpan sisa makanan di dalam lemari es mereka sendiri secara terpisah .

Nurpaxa telah menikmati memasak makanan tradisional dari kota kelahirannya . " Hidangan favorit saya adalah mie dan nasi goreng , " katanya . " Kami memasak sekali atau dua kali seminggu , atau kadang-kadang lebih sering jika kita merasa sangat rindu . "

Dia mengatakan awak kapal telah membantu para wanita merayakan festival tradisional Uygur , seperti tradisi hari raya Qurban, atau upacara Kurban . " Kami membuat makanan tradisional kita dengan ayam dan domba yang disediakan oleh kapal dan berbagi dengan anggota lain dari kru , " kata Nurpaxa .

" Orang-orang dari semua kelompok etnis merupakan bagian dari keluarga besar dan kita semua memberikan kontribusi untuk tanah air kita , " kata Shen Hao , seorang laksamana dan komandan 2013 dari kapal Peace Ark . " Angkatan Laut sepenuhnya menghormati budaya, agama dan tradisi semua kelompok etnis . "

lain pula tanggapan Guo Hongxia seorang etnis Han,yang pertama kalinya bertugas di kapal rumah sakit dengan etnis Uygurs. "Itu juga pertama kalinya aku bekerja dengan gadis-gadis Uygur , " kata Guo . " Aku meneliti tradisi dan budaya mereka di Internet untuk menghindari menyinggung perasaan mereka tanpa mengetahui . Aku perlu tahu mereka untuk membantu mereka untuk berbaur masuk dan bergabung dengan keluarga besar etnis Tionghoa"

Guo mengatakan bahwa meskipun perempuan telah diberi ransum makanan terpisah , mereka tidak menikmati hak istimewa lainnya . " Mereka telah terlatih dan harus melakukan segala sesuatu yang diperlukan dari seorang pelaut dalam melakukan perjalanan , " katanya .

Nurpaxa selain bertugas sebagai petugas sinyal juga bertanggung jawab untuk menaikkan dan menurunkan bendera angkatan laut di buritan kapal setiap hari adalah di pelabuhan . " Saya sangat bangga dengan pekerjaan saya, " katanya . "Orang-orang yang lewat berdiri perhatian dan hormat ketika saya mengibarkan bendera. Terkadang burung camar dilingkari saya karena saya memakai tali kapal . Itu seolah-olah mereka menemaniku . Aku mencintai makhluk di laut , seperti camar dan lumba-lumba . "

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda.
Thanks for your Comments.